Selasa, 17 November 2009

Wah, Ada Jamur Keluarkan Asap


KONTAN/CHEPPY A MUCHLIS
Jamur Merang
Artikel Terkait:
Lestari, Mandiri dengan Budidaya Jamur
Jamur Kuning Anti Kanker Payudara
Jamur Reishi, Penghambat Kanker
Rabu, 18 November 2009 | 00:30 WIB

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Jamur raksasa berdiameter lebih dari 50 centimer yang ditemukan warga di Dusun Batunungul, Kelurahan Cipari, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Minggu (15/11) mengeluarkan asap tipis.

Warga setempat yang menjaga jamur raksasa, Engkus, di lokasi penemuan jamur, Selasa mengatakan kondisi jamur yang masih utuh selama tiga hari terkadang mengeluarkan asap tipis dari batangnya. "Kadang-kadang dari jamur itu keluar asap sedikit," katanya.

Ia menerangkan, timbulnya asap dari jamur raksasa dialami juga oleh beberapa pengunjung yang beruntung melihat langsung fenomena asap dari jamur raksasa. "Sesekali pengunjung juga melihat jamur itu berasap, tapi tidak terlalu lama asap itu tiba-tiba hilang," katanya.

Menurut Engkus, jika jamur raksasa diperhatikan secara seksama dengan sabar maka akan menimbulkan asap meskipun munculnya asap dari jamur tersebut tidak tentu. Ia yakin asap tersebut berasal dari batang jamur dan bukan dari proses pembakaran disekitar lokasi ditemukannya jamur raksasa.

"Asap itu benar-benar keluar dari batang pohon, dan saya yakni bukan dari asap rokok atau warga yang sedang membakar sampah," katanya.

Namun kata Engkus dugaan lain dari kemunculan asap tersebut diakibatkan dari pembakaran cahaya matahari yang memanas pada batang tumbuhan jamur. Menurutnya terik matahari bisa mengakibatkan jamur tersebut berasap tipis karena lebabnya jamur yang terjemur oleh matahari sehingga terjadi proses penguapan.

"Mungkin saja karena terik matahari, tapi yang saya lihat itu asap munculnya dari batang jamur," katanya.

Sementara itu kabar terjadinya timbul asap dari jamur raksasa mengundang warga setempat beramai-ramai mendatangi jamur tersebut untuk melihat kebenaran memunculkan asap. "Setelah ada kabar asap, disini semakin ramai dikunjungi warga," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar