Selasa, 17 November 2009

NASA Sukses Uji Coba Prototipe Roket Ares I-X


NASA
Roket Ares I-X
Artikel Terkait:
Roket Baru NASA Coba Diluncurkan Lagi Hari Ini
NASA Segera Uji Coba Peluncur Roket ke Bulan
Rabu, 28 Oktober 2009 | 22:51 WIB
CAPE CANAVERAL, KOMPAS.com - Sempat tertunda sehari karena cuaca buruk, prototipe roket yang akan digunakan untuk mengirimkan kembali manusia ke Bulan akhirnya sukses diluncurkan. Uji coba peluncuran roket Ares I-X dilakukan dari Kennedy Space Center, Florida.

Dalam peluncuran ini, roket tersebut belum membawa awak satupun maupun beban apapun. Prototipe roket ini baru dipakai untuk menguji tahap pertama proses pembakaran bahan bakar booster (pendorong) roket tersebut. Secara teori, proses pembakaran tersebut seharusnya membutuhkan waktu dua menit. Karenanya, booster tersebut selanjutnya akan dijatuhkan di Samudera Atlantik dan akan dipungut kembali untuk dianalisis.

Roket Ares I-X memiliki ukurana tinggi sekitar 100 meter atau hampir dua kali lipat panjang sebuah pesawat ulang alik. Ia akan menjadi kendaraan utama transportasi antariksa masa depan begitu program pesawat ulang alik dihentikan tahun 2010. Pengembangannya merupakan tahap awal ambisi AS untuk kembali mengirimkan manusia ke Bulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar